Social Icons

Pages

Senin, 14 Juli 2014

RPP SMP



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan       : SMPN 4 Kediri
Mata Pelajaran             : Bahasa Inggris
Kelas/ Pelajaran                       : VII / 1
Materi Pokok               : Teks lisan menyebutkan dan  menanyakan nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun
Alokasi waktu              : 1x pertemuan 2 JP


A.     Kompetensi Inti
KI 1 :      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 :      Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli ( gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai pemasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3 :      Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban, terkait penyebab fenomene kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4 :      Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

No
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
1
1.1 Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahaasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasioanl yang diwujudkan dalam semangat belajar.
1.1.1 Menulis learning log yang mengungkapkan rasa syukur atas  karunia Tuhan dapat belajar bahasa Inggris
2
2.2 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
2.2.1 Bertanggung jawab atas tindakan anggotanya saat menjadi pemimpin kelompok
2.2.2 Mengakui ketika membuat kesalahan
2.2.3 Tidak menyalahkan orang lain atas tindakannya
2.2.4 Melakukan hal-hal yang dikatakan akan dikerjakan tanpa diingatkan ornag lain
3.
3.3 Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks untuk menyatakan dan menanyakan nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun

3.3.1 Mengidentifikasi nama hari, bulan, waktu dalam hari, tanggal dan waktu


4.
4.3 Menyusun teks lisan untuk menyatakan dan menanyakan nama hari, bulan, nama waktu dalam hari, waktu dalam bentuk angka, tanggal, dan tahun, dengan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.


4.3.1 Menyebutkan nama hari, bulan, waktu dalam hari, tanggal dan waktu

C.     Tujuan Pembelajaran
Setelah siswa belajar menyebutkan nama hari, bulan dan tanggal siswa mampu;
1.      Mengidentifikasi nama hari, bulan dan tanggal.
2.      Berkomunikasi dengan orang – orang disekitarnya dengan menyatakan dan menanyakan nama hari, bulan dan tanggal secara jujur, disiplin, percaya dan tanggung jawab.
3.      Menyebutkan nama hari, bulan, dan tanggal dengan percaya diri.

D.     Materi Pembelajaran

Fungsi Sosial    : Menyadari pentingnya (a) nama hari, (b) bulan, (c) tanggal, dan (d) tahun untuk mengelola kehidupan manusia.

Unsur Kebahasaan :
(1)    Kosa kata terkait hari, bulan, waktu dalam hari, tanggal, dan tahun
(2)   Kata tanya What day? What month?
(3)   Kata ganti it dan artikel the.
(4)   Ucapan, tekanan kata, intonasi,
(5)   Ejaan dan tanda baca

Topik               : Hari, tanggal, jam, bulan, tahun, dsb., yang penting dan relevan dengan kehidupan siswa, dengan memberikan keteladanan tentang perilaku jujur, disiplin, percaya diri, bertanggung jawab, dan kerja sama.
E.     Metode Pembelajaran
1.         Metode Ilmiah ( Scientific Approach )

F.     Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
        Flash Card
        Suara guru

G.     Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan (10 menit)
Tahap
Kegiatan
Salam tegur sapa
·     Apersepsi dan motivasi
·     Penyampaian tujuan pembelajaran
·     Penyampaian cakupan materi dan uraian kegiatan
Kegiatan inti (70 menit)
Observing

Teacher
Student
·    Guru menempelkan flash card nama hari dan bulan
·         Siswa mengulang nama hari dan bulan setelah guru
Questioning

Teacher
Student
·   Guru memberi umpan pada murid dengan alat bantu gambar/simbol tentang nama hari dan bulan
· Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan cara untuk menyatakan dan menanyakan nama hari, bulan, dan tanggal
Associating

Teacher
Student
·         Guru memberikan perintah pada murid untuk membuat dialog secara berpasangan

·         Siswa menyebutkan dan menanyakan nama hari dan nama bulan dalam konteks role-play secara berpasangan
Communicating

Teacher
Student
·       Guru menyuruh murid untuk mempresentasikan tugasnya didepan kelas.
·         Siswa mempresentasikan tugasnya di depan kelas
Penutup (10 menit)
Penutup
·      Menyimpulkan hal-hal yang telah dipelajari
·      Penugasan
·      Menyampaikan rencana kegiatan yang akan datang

H.    Penilaian
No
Kriteria

5
4
3
2
1
1
Memuaskan
·     Tidak pernah ijin dan datang terlambat
·     Mengumpulkan tugas tepat waktu


·     Tidak pernah ijin dan datang terlambat
·       Jarang mengumpulkan tugas tepat waktu
·     Tidak pernah ijin dan datang 
·      telat mengumpulkan tugas tepat waktu
·     Jarang datang terlambat
·     Telat menumpulkan tugas.
·     Selalu datang terlambat
·     Mengumpulkan tugas tepat waktu
2
Fokus
·     Selalu memperhatikan dan aktif dikelas
·     Selalu memperhatikan dan tidak aktif dikelas
·     Selalu memperhatikan
·     Selalu membuat dialog dengan siswa lain ketika pelajaran dimulai
·     Selalu menggangu siswa lain
3
Disiplin
·     Selalu mentaati peraturan sekolah tanpa instruksi guru
·     Mentaati peraturan sekolah tanpa instruksi guru

·     Mentaati peraturan sekolah tanpa instruksi guru
·     Kadang-kadang murid melanggar peraturan sekolah
·     Kadang-kadang murid melanggarperaturan sekolah

Nilai :
·      Memuaskan + Fokus + Disiplin = Nilai Affective
Kriteria :
A = 15 – 13                         B = 12 – 10                  C = 9 – 7                      D = < 7
Kriteria dari nilai listening :
Max. nilai :
No.
Nama Murid
Nilai
Unggul
(90-100)
Sangat Bagus
(81-90)
Bagus
(71-80)
Cukup
(61-70)
1.
























a.       Rubrik
Nama Murid
Kecerdasan
Sikap
Fokus
SB
B
C
SB
B
C
SB
B
C



Kecerdasan :

Sangat Bagus(SB)
Bagus (B)
Cukup (C)
Murid selalu mendapatkan nilai yang sempurna.
Murid jarang mendapatkan nilai yang sempurna.
Murid tidak pernah mendapatkan nilai yang sempurna.

Sikap :

Sangat Bagus(SB)
Bagus (B)
Cukup (C)
Murid tidak pernah melanggar peraturan sekolah dan kelas
Murid jarang melanggar peraturan sekolah dan kelas
Murid selalu melanggar peraturan sekolah dan kelas
Fokus :

Sangat Bagus(SB)
Bagus (B)
Cukup (C)
Murid selalu perhatian dan aktif di kelas
Murid selalu perhatian dan tidak pernah aktif di kelas
Murid selalu mengganggu teman lainnya dan tidak aktif di kelas



Kediri, 23 April 2014
Mengetahui,
Mengetahui Kepala SMAN 5 Kediri                                                     Guru Mata Pelajaran


____________________                                                                                 ____________________
NIP. ...                                                                                                  NIP. ...












Rounded Rectangle: MONDAY



Rounded Rectangle: TUESDAY


Rounded Rectangle: WEDNESDAY



Rounded Rectangle: THURSDAY



Rounded Rectangle: FRIDAY
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
 
Blogger Templates