Social Icons

Pages

Selasa, 01 Juli 2014

Hii guys.! Welcome back to my blog! Today, I will share my report for lesson plan. This lesson plan is made by my self. Maybe some of ya are making a lesson plan for Senior High schools' student, and this will help you to make it. The theme is about Simple Song. Thank you and feel free to ask :)




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan       : SMAN 5 Kediri
Mata Pelajaran             : Bahasa Inggris
Kelas/ Pelajaran                       : X / 2
Materi Pokok               : Lagu Sederhana
Alokasi waktu              : 1 pertemuan 2 JP

 

A.     Kompetensi Inti
KI 1 :      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 :      Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli ( gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai pemasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3 :      Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban, terkait penyebab fenomene kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4 :      Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan
B.     Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
No
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
1
1.1 Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahaasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasioanl yang diwujudkan dalam semangat belajar.
1.1.1 Menulis learning log yang mengungkapkan rasa syukur atas  karunia Tuhan dapat belajar bahasa Inggris
2
2.2 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
2.2.1 Bertanggung jawab atas tindakan anggotanya saat menjadi pemimpin kelompok
2.2.2 Mengakui ketika membuat kesalahan
2.2.3 Tidak menyalahkan orang lain atas tindakannya
2.2.4 Melakukan hal-hal yang dikatakan akan dikerjakan tanpa diingatkan ornag lain
3.
3.15 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari lagu, sesuai dengan konteks penggunaannya
3.15.1 Mendengarkan/membaca beberapa lirik lagu berbahasa Inggris dan menyalinnya
3.15.2 Memperoleh pengetahuan tambahan tentang kosa kata dan pesan dalam lagu


4.
4.19 Menangkap makna lagu
4.19.1 Berdiskusi tentang pesan lagu yang didengar
4.19.2 Membandingkan pesan yang terdapat dalam beberapa lagu yang didengar




C.     Tujuan Pembelajaran

Setelah diperdengarkan sebuah lagu sederhana, siswa mampu :

1.      Mendengarkan/membaca beberapa lirik lagu berbahasa Inggris dan menyalinnya
2.      Memperoleh pengetahuan tambahan tentang kosa kata dan pesan dalam lagu
3.      Berdiskusi tentang pesan lagu yang didengar
4.      Membandingkan pesan yang terdapat dalam beberapa lagu yang didengar


D.    Materi Pembelajaran

Fungsi Sosial                : Menghibur, mengungkapkan perasaan, mengajarkan pesan moral
            Unsur Kebahasaan       :
(1)   Kata, ungkapan, dan tata bahasa dalam karya seni berbentuk lagu.
(2)   Ejaan dan tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi.
(3)   Ucapan, tekanan kata, intonasi, ketika mempresentasikan secara lisan
Topik                           : Keteladanan tentang perilaku yang menginspirasi.

E.     Metode Pembelajaran

1.      Metode Ilmiah ( Scientific Approach )

F.      Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
        Audio CD/ VCD/DVD
        Suara guru


G.    Langkah- Langkah Kegiatan Pembelajaran

Pendahuluan

Tahap
Kegiatan
Salam tegur sapa
-          Apersepsi dan motivasi
-          Penyampaian tujuan belajar
-         Penyampaian cakupan materi dan uraian kegiatan
Kegiatan Inti ( 60 menit )

1. Observing
-          Siswa mendengarkan beberapa potongan lyric lagu dan menebak Judul Lagu
-          Siswa melanjutkan potongan lyric lagu
-          Siswa mendengarkan lagu yang berjudul “Can’t take my eyes off you”
-          Siswa melengkapi lyric lagu yang didengar
2. Questioning
-          Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan antara lain nama penyanyi, perasaan penyanyi dan pesan moral dari lagu, dan makna kalimat kalimat didalam lagu
3.Exploring
-          Siswa secara berkelompok menyalin lagu yang didengar.
-          Siswa menyanyikan lagu yang disalin dengan pengucapan yang benar
4.Associating
-          Siswa membandingkan lagu yang baru didengar dengan lagu yang diperdengarkan sebelumnya dengan menganalisa fungsi sosial, pesan moral dan perasaan penyanyi
5.Communicating
-          Siswa secara berkelompok menyampaikan hasil analisa dari lagu yang didengar  
 Penutup ( 10 menit )

1.Penutup
-          Menyimpulkan hal- hal yang telah dipelajari
-          Refleksi
-          Penugasan
-          Menyampaikan rencana kegiatan yang akan datang

H.    Penilaian

No
Kriteria

5
4
3
2
1
1
Memuaskan
·     Tidak pernah ijin dan datang terlambat
·     Mengumpulkan tugas tepat waktu


·     Tidak pernah ijin dan datang terlambat
·       Jarang mengumpulkan tugas tepat waktu
·     Tidak pernah ijin dan datang 
·      telat mengumpulkan tugas tepat waktu
·     Jarang datang terlambat
·     Telat menumpulkan tugas.
·     Selalu datang terlambat
·     Mengumpulkan tugas tepat waktu
2
Fokus
·     Selalu memperhatikan dan aktif dikelas
·     Selalu memperhatikan dan tidak aktif dikelas
·     Selalu memperhatikan
·     Selalu membuat dialog dengan siswa lain ketika pelajaran dimulai
·     Selalu menggangu siswa lain
3
Disiplin
·     Selalu mentaati peraturan sekolah tanpa instruksi guru
·     Mentaati peraturan sekolah tanpa instruksi guru

·     Mentaati peraturan sekolah tanpa instruksi guru
·     Kadang-kadang murid melanggar peraturan sekolah
·     Kadang-kadang murid melanggarperaturan sekolah

Nilai :
·      Memuaskan + Fokus + Disiplin = Nilai Affective
Kriteria :
A = 15 – 13                         B = 12 – 10                  C = 9 – 7                      D = < 7
Kriteria dari nilai listening :
Max. nilai :
No.
Nama Murid
Nilai
Unggul
(90-100)
Sangat Bagus
(81-90)
Bagus
(71-80)
Cukup
(61-70)
1.
























a.       Rubrik
Nama Murid
Kecerdasan
Sikap
Fokus
SB
B
C
SB
B
C
SB
B
C



Kecerdasan :

Sangat Bagus(SB)
Bagus (B)
Cukup (C)
Murid selalu mendapatkan nilai yang sempurna.
Murid jarang mendapatkan nilai yang sempurna.
Murid tidak pernah mendapatkan nilai yang sempurna.

Sikap :

Sangat Bagus(SB)
Bagus (B)
Cukup (C)
Murid tidak pernah melanggar peraturan sekolah dan kelas
Murid jarang melanggar peraturan sekolah dan kelas
Murid selalu melanggar peraturan sekolah dan kelas
Fokus :

Sangat Bagus(SB)
Bagus (B)
Cukup (C)
Murid selalu perhatian dan aktif di kelas
Murid selalu perhatian dan tidak pernah aktif di kelas
Murid selalu mengganggu teman lainnya dan tidak aktif di kelas



Kediri, 23 April 2014
Mengetahui,
Mengetahui Kepala SMAN 5 Kediri                                                     Guru Mata Pelajaran


____________________                                                                                 ____________________
NIP. ...                                                                                                  NIP. ...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
 
Blogger Templates